MANFAAT VENTILASI ALAMI DALAM RUMAH | Nayaka Property

MANFAAT VENTILASI ALAMI DALAM RUMAH

MANFAAT VENTILASI ALAMI DALAM RUMAH
Nayaka Property - World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa kualitas udara yang buruk di dalam rumah diduga menjadi salah satu penyebab utama meningkatnya penyebaran penyakit menular dan kematian di negara-negara berkembang. Anak-anak dan ibu rumah tangga adalah yang paling berisiko mengalaminya. Ventilasi yang baik dapat menjadi salah satu solusi terhadap kondisi yang sering tidak disadari dan terabaikan ini.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membangun ventilasi bangunan:

  • Volume dan kualitas udara luar yang dapat masuk melalui ventilasi. Ventilasi yang baik tidak hanya dapat mengalirkan, tapi sebaiknya bisa menyaring udara juga.
  • Arah pergerakan udara, sebisa mungkin dari area yang bersih ke area yang kotor.
  • Udara dari luar harus dapat masuk ke tiap ruangan, menggantikan polusi yang terjadi di dalam rumah.
  • Luas dan jumlah ventilasi ini juga harus memperhatikan luas, bentuk, dan jumlah ruangan, jumlah orang yang berada dalam bangunan, jenis dan jumlah perabot di dalam ruangan.


MANFAAT VENTILASI ALAMI DALAM RUMAH

Berikut beberapa manfaat ventilasi alami dalam rumah :

Membuat Udara Rumah Selalu Segar
Pergantian udara di dalam rumah dengan udara yang berada diluar rumah akan membuat udara di rumah senantiasa segar. Dengan penambahan taman disekitar rumah akan lebih menambah kualitas udara disekitar rumah menjadi sehat.

Sebagai Tempat Keluar Masuknya Udara
Adanya ventilasi di setiap rumah berfungsi sebagai keluar masuknya udara. Udara akan senantiasa berganti antara udara yang ada di dalam rumah berganti dengan udara yang ada di luar rumah.

Menghangatkan Ruangan
Dengan cahaya matahari memasuki ruangan lewat celah ventilasi, ruangan akan menjadi hangat dan lebih nyaman untuk ditempati. Sangat jauh berbeda dengan ruangan tanpa fentilasi yang akan senantiasa dingin hingga terkadang kita merasa merinding saking terasa dinginnya. Terlebih lagi ruangan yang dingin merupakan salah satu ciri rumah yang ada jinnya. Karena itu sering-seringlah membuka jendela maupun pintu rumah agar ruangan senantiasa terasa hangat.

Jalan Masuknya Cahaya Matahari Ke Suatu Ruangan
Adanya ventilasi di setiap rumah juga berfungsi sebagai jalan masuknya cahaya matahari ke suatu ruangan. Cahaya matahari masuk melewati celah lubang fentilasi maupun celah jendela kaca yang difungsikan sebagai ventilasi.

Menghilangkan Bau Pengap Pada Rumah
Adanya ventilasi di setiap rumah juga akan menghilangkan bau pengap. Dapat anda bayangan bukan jika suatu ruangan selalu tertutup, tidak ada celah fentilasinya maka udara di ruangan tersebut akan menjadi pengap yang membuat kita tidak nyaman bahkan hanya ketika kita hanya masuk sebentar ke ruangan tersebut.

Membuat Penghuni Rumah Menjadi Sehat
Adanya pertukaran udara, terjaganya kadar O2 di dalam rumah serta udara rumah yang menjadi segar juga tentu akan berpengaruh terhadap kesehatan para penghuni yang mendiami rumah tersebut. Para penghuni akan lebih sehat dengan adanya udara yang senantiasa segar.

Menghemat Energi
Dengan adanya ventilasi, udara senantiasa mengalir dan ruangan terasa sejuk dan segar. Sejuknya ruangan hanya dengan penempatan ventilasi yang sesuai tentu saja tidak lagi membutuhkan AC. Dengan tidak lagi memerlukan ac atau kipas angin, maka energy listrik juga akan semakin hemat. Biaya tagihan n listrik juga akan minim bukan.

Hiasan Untuk Mempercantik Dinding Rumah
Dewasa ini semakin banyak dan semakin menarik kreasi orang dalam membuat barang-barang. Tak tertinggal pula ventilasi. Terdapat beragam model ventilasi yang dapat dipilih untuk dipasang di rumah. Pemilihan ventilasi yang cantik juga dapat menghiasi dinding rumah anda.

Masih banyak manfaat ventilasi alami yang ada di rumah. Dengan penataan dan juga bentuk dari ventilasi juga akan memperindah rumah Anda. (przt)



Label:

Posting Komentar

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.