MEMBANGUN RUMAH DIPERBUKITAN | Nayaka Property

MEMBANGUN RUMAH DIPERBUKITAN

MEMBANGUN RUMAH DIPERBUKITAN
NayakaProperty -  Mempunyai rumah diperbukitan merupakan suatu impian bagi sebagian orang yang mempunyai keinginan membangun rumah didaerah perbukitan. Biasanya rumah di pegunungan juga bisa difungsikan sebagai rumah untuk beristirahat dan bersantai dari kepenatan kota sehari-hari atau biasa kita sebut sebagai villa.

Membangun rumah tinggal diatas kemiringan kontur lereng dan bukit yang curam serta dengan rata-rata kemiringan bisa mencapai 30 derajat sampai 50 derajat sehingga memerlukan beberapa teknik khusus. Dan disamping itu juga diperlukan kontruksi kolom-kolom struktur utama yang dapat menopang dengan kuat bangunan rumah bertingkat. Nah dianjurkan agar memilih desain dasar sebagaimana desain rumah panggung modern untuk menghindari beberapa dampak buruk alam, contohnya saja seperti perusakan lahan dan juga menghindari teknik cut and fill sehingga resapan air hujan masih dapat dimaksimalkan oleh lereng.

Rumah di wilayah perbukitan biasanya cukup sulit dalam mendapatkan utility service, atau layanan seperti listrik, air PAM, atau kabel telepon. Hal ini dikarenakan lokasinya yang terlalu tinggi, dekat dengan tebing, berada di puncak, atau terpencil/terpisah dari kelompok, sehingga tidak dilewati jalur utility service. Selain itu, rumah di perbukitan juga harus memiliki akses jalan yang memadai, sehingga bisa diakses kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

MEMBANGUN RUMAH DIPERBUKITAN

Untuk mengantisipasi kekurangan air saat musim kemarau, disarankan membuat tandon wadah penampung air hujan. Dengan mengetahui karakter suatu wilayah, Anda bisa lebih bersiap dan dapat melakukan antisipasi sebelum bencana terjadi.

Di samping itu, jika kawasan perbukitan tersebut sering dilanda angin kencang atau hujan dengan intensitas besar, maka usahakan untuk mendesain rumah yang  toleran terhadap angin kencang, salah satunya dengan membangun area outdoor yang diberi shelter, serta membangun rumah dengan banyak lubang dan ventilasi udara, serta memiliki bentuk yang aero dinamis, guna memecah kekuatan angin, sehingga angin kencang tidak sampai merobohkan rumah.

Dalam membuat fondasi dan struktur rumah perbukitan, konsultan tersebut akan memperhatikan beban dan toleransi seismik agar rumah tetap bisa mentolerir gempa sampai level maksimal. Selain itu, sang konsultan akan mempertimbangkan arah serta kekuatan angin, bahkan hingga kelembaban dan curah hujan, untuk memastikan bahwa fondasi dan struktur cukup kuat sebelum masuk ke tahap pembangunan selanjutnya.


Akan tetapi, biaya pembuatan fondasi dan struktur penopang rumah ini tentunya lebih besar karena dibuat di lahan yang berbukit dan landai. Bahkan, mungkin juga perlu ditambahkan driven piles atau concrete caissons dalam fondasi. Pembuatan fondasi ini juga memakan waktu yang lebih lama, maka akan ada biaya ekstra untuk tenaga kerja dan material tambahan. Nayaka Property siap membantu Anda untuk memberikan solusinya. (przt)


Label:

Posting Komentar

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.