AGAR RUANGAN RUMAH TAMPAK LUAS | Nayaka Property

AGAR RUANGAN RUMAH TAMPAK LUAS


Nayaka Property - Memiliki rumah yang sempit bukan berarti bisa menjadi penghambat kita untuk bereksplorasi dan membuat rumah kita tampak lebih luas dan mewah. Kita justru bisa menjadikan hal tersebut sebagai tantangan untuk lebih berkreasi dalam menata ruangan-ruangan yang sempit di rumah kita. Untuk memberi kesan lebih luas dan mewah, tentunya dibutuhkan desain dan penataan yang tepat, mulai dari pemilihan furniture, warna cat, pajangan dan sebagainya.

Jika Anda ingin meng-upgrade tampilan ruangan dengan menambahkan beberapa dekorasi, maka harus bisa mengakomodasi kebutuhan dan juga selera dari seluruh anggota keluarga. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar ruangan rumah kita tampak lebih luas, berikut ini beberapa hal tersebut :

AGAR RUANGAN RUMAH TAMPAK LUAS
Pemilihan Furniture
Pilihlah meja, sofa dan kursi dengan desain yang ramping dan sleek, dalam artian tidak memiliki terlalu banyak  ornamen, detail dan ukiran. Furniture dengan tampilan yang sederhana akan membuat ruangan terlihat lebih luas dan menyisakan ruang untuk meletakkan benda lain di atasnya. Furniture bertema klasik juga sangat cocok untuk rumah yang minimalis. Biasanya furniture klasik terbuat dari bahan metal, dimana bahan ini akan membuat ruangan yang kecil terkesan lebih luas.

Terlalu banyak furniture juga akan membuat rumah kamu terlihat semakin penuh dan sempit, serta membuat ruang gerak menjadi terbatas. Oleh karena itu, pilihlah furniture yang benar-benar terpakai dan mana yang tidak. Untuk furniture yang tidak terpakai, kita bisa menyimpannya digudang atau bisa dijual kembali. Dengan begitu, ruangan-ruangan di rumah kita akan terlihat lebih lapang dan lebar.

AGAR RUANGAN RUMAH TAMPAK LUAS
Berikan Warna Baru
Tambah atau ubah warna dinding di ruangan. Ruangan yang digunakan biasanya memiliki banyak aktifitas, direkomendasikan untuk menggunakan warna-warna yang tenang seperti biru, hijau dan warna netral lain.

Namun, bila Anda ingin menambahkan energi di ruangan tersebut gunakan warna kuning, terra cotta atau hijau lemon. Mengecat rumah merupakan salah satu cara yang mudah dalam mentransformasi ruangan.

AGAR RUANGAN RUMAH TAMPAK LUAS
Biarkan Cahaya Matahari Masuk
Ruang keluarga dan tamu tidak seperti kamar mandi atau kamar tidur yang membutuhkan banyak privasi. Pinggirkan semua tirai dan biarkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan tersebut, hal ini akan membuat ruangan terlihat lebih besar.

Selain itu, sinar matahari juga akan membuat mood seluruh anggota keluarga juga tamu kita menjadi lebih baik. Cukup gunakan tirai hanya di malam hari agar orang di luar rumah tidak dapat melihat ke dalam ruangan.

Jika ingin mempercantik jendela rumah tidak perlu menggunakan tirai, Anda bisa menggunakan wallpaper untuk membingkai jendela.

AGAR RUANGAN RUMAH TAMPAK LUAS
Memasang Wallpaper
Rumah yang sempit bukan berarti tidak bisa terlihat seperti rumah mewah. Pemasangan wallpaper akan membuat rumah kamu yang sederhana terkesan lebih mewah. Wallpaper dengan warna cerah dan corak yang sederhana seperti dedaunan dan garis-garis mendatar merupakan pilihan tepat untuk menghiasi dinding rumah dengan keterbatasan luas ruangan. Hindari wallpaper dengan motif yang besar dan penuh karena hanya akan membuat ruangan terlihat semakin sempit.

AGAR RUANGAN RUMAH TAMPAK LUAS
Ciptakan Beberapa Fungsi di Dalam Satu Ruangan
Masing-masing orang memiliki kesenangan yang berbeda-beda. Tidak perlu membeli perabotan baru. Anda hanya akan membutuhkan kreativitas dalam menata ulang perabotan yang ada di ruangan.

Siapkan menyiapkan meja kecil sebagai tempat bermain untuk anak-anak, letakkan sebuah kursi lama sebagai tempat untuk membaca dan juga siapkan sofa agar acara nonton bersama keluarga menjadi lebih nyaman.

Berikan Dekorasi Personal
Berikan aksesoris yang personal di dalam ruang keluarga. Anda tidak harus memasang sebuah foto keluarga dengan bingkai yang besar. Cukup cetak foto masing-masing anggota keluarga dengan warna hitam putih kemudian bingkai dan gantungkan dalm satu dinding.

Termasuk saat-saat spesial seperti pernikahan, kelulusan, resep rahasia keluarga atau bahkan hasil karya anak-anak.

AGAR RUANGAN RUMAH TAMPAK LUAS
Pemilihan Aksesoris
Memang tidak ada salah untuk menambahkan hiasan-hiasan untuk mempercantik tampilan ruangan. Namun untuk rumah berukuran sempit, kamu harus pintar dalam memilih aksesoris yang akan kamu pajang. Usahakan jangan terlalu banyak menambahkan hiasan dan hindari hiasan dengan terlalu banyak detail. Misalnya saat ingin memajang lukisan, pilihlah lukisan dengan frame yang sederhana dan polos, tanpa adanya ukiran.

Penambahan lampu hias dan bunga hidup pada ruangan yang sempit juga dapat memberi kesan lebih hidup dan lega. Bunga akan memberi kesan segar pada ruangan dan paling tepat diletakkan di sudut-sudut ruangan agar tidak membatasi ruang gerak. Sementara untuk lampu hias, pilihlah lampu yang memancarkan sinar warna putih. Sinar putih tersebut akan memberi kesan anggun dan damai pada ruangan-ruangan di rumah kita.

AGAR RUANGAN RUMAH TAMPAK LUAS
Hindari Penggunaan Sekat
Penggunaan sekat sebagai pemisah antar ruangan hanya akan memberikan kesan semakin sempit. Jika perlu untuk menggunakan sekat, pilihlah sekat yang tidak bersifat permanen agar bisa disingkirkan kapanpun. Namun sebaiknya kam mengurangi penggunaan sekat jika tidak diperlukan. Dengan rumah yang sempit, antara ruang tamu dengan ruang keluarga tidak perlu diberi sekat, karena pada dasarnya fungsi kedua ruangan tersebut adalah sebagai tempat berkumpul dan berbincang-bincang. Hal yang sama berlaku pula antara dapur dengan ruang makan.

AGAR RUANGAN RUMAH TAMPAK LUAS
Rak Dinding Atau Bertingkat
Daripada menggunakan lemari biasa untuk menyimpan benda-benda seperti pajangan, tas dan buku, lebih baik gunakan rak dinding atau rak bertingkat. Kedua jenis rak tersebut tertentunya tidak memakan banyak space seperti lemari. Selain menghemat pengguaan ruangan, rak dinding dan rak bertingkat cenderung lebih mudah dipindahkan sehingga kita bisa dengan mudah memindahkannya saat diperlukan.

AGAR RUANGAN RUMAH TAMPAK LUAS
Penambahan Cermin
Penambahan cermin berukuran besar akan memberi efek lebih luas pada ruangan rumah kita yang sempit. Dengan adanya pantulan dari cermin, ruangan akan terlihat seolah-olah dua kali lebih besar dari yang sebenarnya. Kita bisa menambahkan cermin di seluruh ruangan rumah, mulai dari ruang tamu, ruang keluarga hingga ruang tidur.


Beberapa hal tersebut ada baiknya dikonsultasikan dahulu kepada mereka yang ahli dibidangnya, jangan sampai kita salah penempatan juga penataan. Nayaka Property siap membantu Anda jika memerlukan konsultasi soal perumahan. Semoga bermanfaat (przt)
Label:

Posting Komentar

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.