SOLUSI WARNA RUANGAN UNTUK ANAK-ANAK | Nayaka Property

SOLUSI WARNA RUANGAN UNTUK ANAK-ANAK

Nayaka Property – Rumah kita akan bertambah ramai jika ada anak-anak didalam keluarga kita. Selain anggota keluarga yang lain, anak-anak sebagai salah satu pemberi semangat dalam keluarga. Tetapi juga, kita harus mengetahui sifat anak-anak yang lebih suka bermain daripada belajar sesuatu.

Anak-anak lebih sering menghabiskan waktu untuk bermain daripada belajar. Tetapi dengan bermain juga bisa bermanfaat untuk belajar sesuatu jika kita bisa mengarahkan mereka untuk lebih memainkan permainan yang positif.

Mereka akan merasa malas bermain didalam rumah jika tidak sesuai dengan ruangan yang kurang sesuai dengan keinginan mereka. Anak-anak akan lebih suka berlama-lama bermain diluar ruangan. Tidak hanya bermain, anak-anak perlu ruang untuk bermain juga belajar didalam ruangan dirumah kita. Ada baiknya kita mengerti apa keinginan mereka, sehingga mereka betah berada didalam rumah yang mana kita bisa mengawasi mereka lebih enak..

Berikut beberapa solusi pewarnaan ruangan untuk anak-anak kita :

Memilih warna untuk anak mungkin agak sedikit rumit, umumnya warna yang cocok untuk anak-anak adalah warna-warna yang memiliki nuansa cerah karena dunia anak tidak pernah lepas dari bermain dan keceriaan.

Anda juga perlu mempertimbangkan penggunaan warna cerah nan atraktif untuk kamar belajar anak. Karena tentu saja warna-warna cerah dapat menginspirasi anak untuk belajar dan dapat menambah semangat. Yang paling penting tentu saja, dengan membuat ruang belajar semenarik mungkin akan merangsang anak untuk senang belajar, bereksplor, dan beraktivitas di study room mereka.

1. Warna Biru
Dalam ilmu psikologi dan kesehatan, warna biru dapat menenangkan pikiran dan tubuh, menurunkan tekanan darah, denyut jantung dan pernapasan, serta mengurangi perasaan cemas. Anak-anak yang mengalami kesulitan tidur atau rentan terhadap mengendalikan emosi harus lebih sering menghabiskan waktu di lingkungan yang berwarna biru.

SOLUSI WARNA RUANGAN UNTUK ANAK-ANAK
Ruang Anak Biru
Warna biru menyiratkan harmoni, kesetiaan, kedamaian, kedalaman rasa, sensitivitas, kebijakan, percaya diri dan stabilitas. Biru adalah warna kamar yang baik sekali karena memperlambat system syaraf manusia dan memproduksi efek menenangkan yang mempersiapakan tubuh menuju tidur. Biru dapat melembutkan kamar yang terlalu terang, membuat orang menjadi tenang dan damai. Namun, warna biru gelap dapat memberikan efek dingin yang tidak baik bagi individu.

SOLUSI WARNA RUANGAN UNTUK ANAK-ANAK
Ruang Anak Biru
Efek lainnya dari warna biru ialah dapat mendinginkan tubuh dan menyegarkan di saat kondisi sedang panas atau lembab. Sehingga warna biru sangat cocok diaplikasikan untuk anak-anak yang cenderung aktif agar menjadi lebih tenang saat sedang belajar di rumah.

2. Warna Merah
Warna merah dapat menciptakan rasa hangat, tapi dapat juga menstimulasi dan memberikan energi lebih bagi individu. Warna merah menyala dapat meningkatkan hasrat, membangkitkan gairah dan diasosiasikan dengan bahaya, nafsu, kemarahan dan beban. JIka digunakan untuk menyeimbangkan warna netral, warna merah dapat menambahkan keceriaan di kamar anak.

SOLUSI WARNA RUANGAN UNTUK ANAK-ANAK
Ruang Anak Merah
Berbeda dengan warna biru, warna merah sangat kaya akan emosi, menggairahkan dan memberikan energi pada tubuh, meningkatkan denyut jantung, tekanan darah, serta respirasi. Jika anak anda merupakan atlek kecil, anda mungkin ingin menggunakan warna ini untuk ruang studi anak. Pada beberapa penelitian menunjukkan bahwa warna merah dapat meningkat kemampuan atletis manusia.

SOLUSI WARNA RUANGAN UNTUK ANAK-ANAK
Ruang Anak Merah
Namun, penggunaan warna merah yang berlebihan juga dikaitkan dengan peningkatan sifat agresif, ketidakmampuan untuk fokus, dan bahkan sakit kepala. Oleh karena itu, jangan gunakan warna merah untuk anak di bawah umur 1 tahun serta jangan jadikan warna merah sebagai dominasi warna pada ruang belajar anak.

3. Warna Oranye
Warna oranye memiliki efek yang sama dengan merah dengan derajat yang lebih rendah. Warna oranye menggabungkan energi warna merah dengan kebahagiaan yang ditimbulkan warna kuning. Warna oranye yang cenderung kecoklatan menciptakan rasa hangat, energi nyaman, sementara warna oranye terang memberikan rasa seru dan penuh keceriaan.

SOLUSI WARNA RUANGAN UNTUK ANAK-ANAK
Ruang Anak Oranye
Cocok untuk kamar bermain. Warna oranye menyala tidak memberikan efek nyaman. Warna oranye yang lebih lembut memberikan rasa nyaman, penuh sambutan, memuaskan dan menambah energi tambahan pada ruangan.

SOLUSI WARNA RUANGAN UNTUK ANAK-ANAK
Ruang Anak Oranye
Warna jeruk itu memiliki sifat sangat terbuka, jiwa sosial tinggi, inspiratif, dan komunikatif. Anak akan cenderung santai dan tidak merasa tertekan ketika belajar dalam ruangan ini. Seperti warna kuning, terlalu banyak memberikan warna oranye akan terlalu mempengaruhi psikologis anak. Sehingga ada baiknya anda tidak berlebihan memberi warna ini dan coba mix dengan warna lain yang memiliki karakter berbeda seperti hijau, biru, atau merah.

4. Warna Kuning
Warna kuning sering memberikan kebahagiaan, keceriaan, dan motivasi kepada anak. Dengan memberikan aksen warna kuning lembut, dapat menambah konsentrasi belajar pada anak, merangsang memori, dan meningkatkan metabolisme.

SOLUSI WARNA RUANGAN UNTUK ANAK-ANAK
Ruang Anak Kuning
Namun, terlalu banyak warna kuning bisa membangkitkan perasaan mudah marah dan frustrasi. Sehingga terkadang anak bisa jadi lebih rewel karena rangsangan dari warna tersebut. Maka dari itu, ada baiknya jika anda memberikan warna-warna netral sebagai dominasi ruang belajar dan warna kuning hanya sebagai pemanis ruangan.

SOLUSI WARNA RUANGAN UNTUK ANAK-ANAK
Ruang Anak Kuning
Warna kuning, menstimulasi, membangkitkan energi, penuh cahaya dan ceria. Kuning pucat membuat ruangan lebih luas. Kuning terang memberikan rasa hangat dan membuat ruangan yang suram menjadi lebih cerah. Namun, penggunaan warna kuning yang berlebihan bisa meresahkan individu karena mengganggu konsentrasi dan menstimulasi aktivitas otot.

5. Warna Merah Muda/Pink
Warna merah muda, yang kebanyak sangat dicintai gadis-gadis kecil, dapat membangkitkan empati, feminitas, dan menciptakan suasana yang menenangkan pada ruang belajar anak. Namun, meskipun pada awalnya terdapat efek menenangkan, tetapi seiring berjalannya waktu dapat menyebabkan kecemasan.

SOLUSI WARNA RUANGAN UNTUK ANAK-ANAK
Ruang Anak Pink
SOLUSI WARNA RUANGAN UNTUK ANAK-ANAK
Ruang Anak Pink
Sementara putri anda yang masih kecil mungkin cinta rona warna merah muda ini sekarang, tetapi bersiaplah untuk mengganti warnanya di kemudian hari. Sehingga warna pink, menurut Rooang, hanya cocok diaplikasikan sementara saja pada ruang belajar anak perempuan anda dan sebaiknya digabung dengan warna lain yang lebih netral seperti hitam, putih, atau warna kayu.

6. Warna Putih
Warna putih melmbangkan damai, keyakinan, kegembiraan, kebersihan dan kemurnian. putih mewakili 80% cahaya. Ruangan berwarna putih kelihatan lebih terang dan luas daripada ruangan berwarna lain. Warna putih juga warna yang baik untuk kamar anak Anda, yang dapat dikombinasikan dengan warna cerah lainnya.
SOLUSI WARNA RUANGAN UNTUK ANAK-ANAK
Ruang Anak Putih

SOLUSI WARNA RUANGAN UNTUK ANAK-ANAK
Ruang Anak Putih

7. Warna Hijau
Warna hijau, dapat meningkatkan rasa percaya diri, penuh harapan, ketenangan. hijau adalah warna segar yang membuat kamar yang suram menjadi lebih bersemangat, selama warna hijau yang dipilih adalah warna lembut yang tidak gelap. Gunakan dengan warna merah dan oranye untuk menceriakan kamar anak Anda.

SOLUSI WARNA RUANGAN UNTUK ANAK-ANAK
Ruang Anak Hijau
Warna hijau melambangkan alam dan mencerminkan lingkungan yang tenang dan menenangkan. Terkait dengan kesehatan, hijau memiliki efek menenangkan pada tubuh dan pikiran, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan daya konsentrasi.

SOLUSI WARNA RUANGAN UNTUK ANAK-ANAK
Ruang Anak Hijau
Paparan warna hijau bahkan dapat meningkatkan kemampuan membaca. Dalam satu penelitian ditemukan bahwa dengan meletakkan selembar kertas warna hijau transparan di atas sebuah teks, maka kecepatan membaca dan pemahaman siswa akan meningkat. Hmm, hijau merupakan warna alternatif yang menarik, kan, untuk sebuah ruang belajar anak?

8. Warna Ungu/Violet
Warna violet (ungu) sering dikaitkan dengan kebijaksanaan dan spiritualitas. Hal itu disebabkan karena warna ungu merupakan gabungan dari stabilitas energi warna biru dan merah. Penggunaan warna ungu pada ruang belajar bisa memungkinkan anak tersebut menjadi sangat luar biasa dalam menghadapi sesuatu, tidak pernah ragu, dan tentunya warna ini sangat baik untuk ruang belajar anak. Ungu juga dapat memberikan kesan mewah untuk kamar anak perempuan anda.

SOLUSI WARNA RUANGAN UNTUK ANAK-ANAK
Ruang Anak Ungu
SOLUSI WARNA RUANGAN UNTUK ANAK-ANAK
Ruang Anak Ungu
Ungu, kombinasi dari stabilitas warna biru dan energi dari warna merah. Ungu dapat mengambil karakteristik dari biru atau merah tergantung tingkat cahayanya. Seringkali ungu diasosiasikan sebagai warna yang beresiko, warna yang kuat  ungu melambangkan kesetiaan, kekuatan, keadilan, keningratan, dan kemewahan, namun juga diasosiasikan dengan depresi dan penderitaan. Ungu gelap dapat memberikan rasa sedih dan frustasi. Ungu muda memberikan rasa damai, romantis dan penuh kenangan. Ungu muda adalah warna yang baik untuk kamar anak yang feminine.

9. Warna Hitam
Warna hitam cenderung dipilih oleh anak remaja. Bagi mereka, hitam melambangkan misteri dan gaya modern. Gaya yang ingin mereka tonjolkan masih dapat dikompromikan dengan menggunakan warna hitam dalam porsi yang dibatasi, misalnya sebagai aksen atau aksesoris kamar. Warna hitam sebaiknya tidak digunakan dalam ruangan yang luas atau ruangan yang sering digunakan.
SOLUSI WARNA RUANGAN UNTUK ANAK-ANAK
Ruang Anak Hitam

SOLUSI WARNA RUANGAN UNTUK ANAK-ANAK
Ruang Anak Hitam


Itulah tadi beberapa informasi mengenai warna ruangan untuk anak-anak kita. Semoga dengan informasi ini bisa menambah pengetahuan kita. (przt)


Label:

Posting Komentar

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.